Tips SEO Marketplace
Perlu ga sih SEO marketplace itu? apa saja yang perlu di perhatikan.


SEO E-commerce nggak boleh dianggap remeh loh, SEO untuk toko online atau ecommerce jauh lebih rumit daripada website lain berupa blog atau website informasi. Ini karena toko online pada umumnya hanya berisi halaman-halaman produk tanpa banyak konten lain, dan kita tahu bahwa mesin pencari menyukai website yang kaya akan konten. Didunia online juga ada pasar-pasarnya jika ingin berjualan, yaitu:


Lalu apa yang dapat dilakukan pebisnis untuk memaksimalkan penjualan sehingga bisa lebih unggul dari kompetitornya? SEO atau search engine optimization merupakan salah satu kuncinya. Lewat SEO, Anda bisa mengoptimalkan jangkauan toko dan produk Anda sehingga lebih mudah ditemukan oleh customer. Teknik SEO bukan hanya harus dilakukan secara detail, Anda juga harus memperhatikan masalah teknis dalam pemasaran produk. Berikut Tips SEO yang bisa Anda coba terapkan di toko online!

  • Pemilihan Nama Toko

Jangan sepelekan deskripsi dan pemilihan nama toko yang Anda buka di marketplace. Pasalnya, deskripsi inilah yang akan menyangkut kata kunci (keyword) pencarian para pembeli. Jadi, sebaiknya Anda mulai dengan riset keyword dulu sebelum memulai membangun toko online.

  • Deskripsi

Ketik ulang judul produk di awal paragraf di marketplace deskripsi tidak harus panjang seperti membuat artikel di blog supaya mudah terindex ke google. karena pasti akan membosankan jika kita menuliskan deskripsi terlalu panjang.

  • Riset SEO

Cara untuk riset pertama bisa menggunakan rekomendasi dari kotak pencarian, kedua bisa pakai dari tools yang disediakan di marketplace seperti dari wawasan pasar tokopedia , kata kunci populer di bukalapak atau dari fitur panduan penjualan di shopee.

  • Riset Keyword

Google keyword planner, simpan keyword yang paling relevan untuk penulisan judul nantinya. Cara lain Anda bisa memanfaatkan fitur dari marketplace seperti di shopee gunakan iklanku. Di Tokopedia Anda bisa masuk ke menu wawasan pasar, di Bukalapak masuk ke menu Super Seller dan lihat di daftar kata kunci populer. List semua kata kunci yang paling relevan kemudian bisa Anda jadikan sebagai judul produk dan deskripsi.

  • Sertakan Review Dari Pembeli Di Halaman Produk

Review produk merupakan salah satu elemen paling vital dalam halaman produk terkait SEO.Karena berupa konten yang fresh dan original, review akan memperkaya halaman Anda dengan keyword. Enaknya, konten review didapatkan secara otomatis. Review juga mampu meningkatkan rangking Anda untuk kata kunci “nama produk + review” dan long tail keyword lainnya. Kalau Anda mengaplikasikan dengan tepat, review berbintang akan muncul di halaman pencarian Google.

  • Foto Produk

Google lebih suka foto original yang diambil sendiri dengan kamera , bukan hasil download dari online. Jika download melalui google atau dari supplier usahakan diedit terlebih dahulu untuk menghilangkan metadata foto tersebut. Dan jangan lupa agar gambar terbaca sistem pencarian google rename foto sebelum di upload.

  • Bangun Backlink

Sebar link produk Anda ke media sosial, forum, blog/website, atau sosial messenger. Backlink juga secara langsung meningkatkan skor SEO Anda di mata Google karena banyak rekomendasi mengarah ke toko marketplace Anda.

Tips SEO Marketplace
Fajar Dwi Prasetyo 1 April, 2022
Share this post
Arsip
Masuk to leave a comment
Tips Optimalisasi Marketplace
Gimana sih, cara bersaing dalam dunia marketplace?