Interaksi cepat pelanggan dengan Omnichannel

Ritel digital dengan cepat berkembang menjadi salah satu yang memungkinkan bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui berbagai channel. Pendekatan omnichannel ini memberikan bisnis eksposur ke audiens yang lebih luas untuk menjual produk dan layanan mereka, meningkatkan peluang pendapatan yang dihasilkan. Meskipun ini bagus untuk bisnis, menambahkan lebih banyak channel untuk dijual meningkatkan peluang bisnis untuk salah menangani penjualan dan manajemen inventaris mereka di channel ini, yang mengarah pada penurunan pengalaman pelanggan dan oleh karena itu hilangnya pendapatan dalam jangka panjang.


What is Omnichannel and Omnichannel Retailing?

Pertama-tama, channel adalah tempat atau platform di mana perusahaan dapat mengkomunikasikan pesannya kepada audiens mereka. Ini bisa berupa situs web atau toko fisik misalnya atau dalam hal kontak pelanggan bisa berupa email atau SMS. Oleh karena itu dalam pendekatan multi-channel, perusahaan menyediakan banyak channel bagi pelanggan untuk berinteraksi dan membeli, tetapi tidak ada koneksi atau interaksi antar channel. Di sisi lain, pendekatan omnichannel adalah ketika data dibagikan di antara channel yang memungkinkan pelanggan, dan perusahaan itu sendiri, untuk beralih di antara mereka dengan mulus.

Dalam ritel saat ini, pengecer memberikan pilihan kepada pelanggannya untuk memilih di antara berbagai channel seperti situs web, media sosial, toko fisik, dan banyak lagi. Jika perusahaan dapat menghubungkan semua channel ini menjadi satu pengalaman omnichannel yang mulus, maka mereka akan meningkatkan manajemen bisnis dan kualitas pengalaman pelanggan mereka.


IZI Omnichannel Features

Omnichannel memiliki beberapa fitur yang membantu dalam mengelola bisnis perusahaan. Salah satu sistem yang menawarkan layanan omnichannel untuk bisnis adalah sistem ERP Odoo yang telah dikustomisasi oleh IZI untuk dapat mengakses beberapa pasar online. Aplikasi marketplace IZI menyediakan beberapa fitur untuk membantu bisnis menyiapkan pengalaman omnichannel mereka:

1. Manage several marketplaces into a single platform

Karena pelanggan berbelanja dari pasar online yang berbeda, melacak pesanan penjualan dan aspek akuntansi menjadi sulit saat menggunakan berbagai platform. Oleh karena itu, IZI telah mengkustomisasi Odoo agar Odoo dapat terhubung dengan situs E-Commerce Anda dan berbagai online marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan masih banyak lagi. Anda dapat terhubung ke beberapa channel secara bersamaan dan Odoo akan mengatur semua data dari channel tersebut sehingga Anda tidak perlu memisahkan dan mengatur data di antara channel yang berbeda sendiri. Setelah channel terhubung ke Odoo, Odoo dapat mengelola semuanya mulai dari mengonfirmasi pesanan penjualan, membuat faktur, mengelola produk, dan merekonsiliasi pembayaran secara otomatis. Ini membantu Anda melacak kinerja penjualan Anda dari semua channel Anda juga. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang integrasi pasar klik di sini.

2. Manage stock from various marketplaces into a single platform

Ketika produk dijual di beberapa channel, mengelolanya mungkin merepotkan bagi sebagian orang jika tidak ada sistem yang tepat. Dengan menggunakan aplikasi marketplace IZI, Anda dapat mengelola stok Anda dari berbagai channel di Odoo. Baik produk dijual di marketplace atau situs web E-Commerce, jumlah produk akan diperbarui secara otomatis setelah produk terjual untuk semua channel. Semua pergerakan produk dilacak dan dicatat di Odoo sehingga menganalisis produk mana yang dijual pada periode apa dan channelmana semuanya menjadi mudah.

Benefits of Omnichannel 

Mengelola beberapa channel secara terpisah membuat sangat sulit untuk melacak kinerja penjualan dan manajemen inventaris. Oleh karena itu, dengan menggunakan aplikasi marketplace IZI, memungkinkan channel terpisah untuk berintegrasi ke dalam satu pengalaman omnichannel. Manfaat memiliki semua data dari beberapa channel yang direkam dan dilihat hanya dalam satu tidak terbatas. Ini mengurangi biaya penggunaan beberapa platform untuk mengelola setiap channel untuk satu hal. Ini juga meningkatkan efisiensi manajemen stok bisnis karena kemampuannya untuk melacak pergerakan produk dan jumlah yang ada. Bisnis kemudian dapat membuat strategi penjualan dan pemasaran yang lebih baik untuk setiap channel karena data yang dicatat dan disediakan oleh Odoo.

Conclusion/Bottom Line

Menyediakan akses ke berbagai pasar online dan E-Commerce dalam satu perangkat lunak, aplikasi pasar IZI membantu bisnis mengembangkan kehadiran belanja online mereka. Dengan semakin banyaknya pelanggan yang merasa puas dengan pengalaman berbelanja mereka karena sistem manajemen yang solid, diharapkan peningkatan pendapatan untuk bisnis ini. Mengelola penjualan, stok, dan akuntansi di seluruh platform ini menjadi mudah dengan IZI. Kembangkan bisnis Anda bersama IZI di sini!

Interaksi cepat pelanggan dengan Omnichannel
Fajar Dwi Prasetyo 4 Juli, 2022
Share this post
Arsip
Masuk to leave a comment
Point of Sales made a simple