Sales Reporting

Sales Reporting, Dashboard

Laporan penjualan bisnis adalah salah satu cara terpenting untuk menganalisis kinerja aktivitas penjualan. Memiliki pandangan yang komprehensif tentang tren penjualan dan apakah target penjualan tercapai atau tidak akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa baik kinerja strategi penjualan bisnis. Oleh karena itu, diperlukan dashboard interaktif yang menampilkan berbagai KPI penjualan dari data-data yang telah dicatat oleh bisnis agar perusahaan dapat mengambil keputusan dengan cepat dan akurat. Dengan bantuan Business Intelligence, dasbor interaktif berdasarkan data penjualan sebelumnya dapat dibuat.


What is BI?

Business Intelligence (atau BI) adalah prosedur pengumpulan data yang diperlukan yang dihasilkan oleh aktivitas perusahaan dan menganalisisnya untuk melacak kinerja bisnis. Perusahaan kemudian dapat melihat tren bisnis mereka dan membuat rencana dan keputusan berbasis data yang efisien. Bisnis dengan implementasi intelijen bisnis yang sukses biasanya memiliki pandangan yang komprehensif dari data mereka yang telah mereka kumpulkan, simpan, dan analisis untuk mengoptimalkan kinerja mereka.

Importance of BI in Sales Reporting

Kecerdasan bisnis sangat penting untuk dimanfaatkan oleh perusahaan agar bisnis mereka tidak bangkrut. Beberapa poin penting yang diberikan business intelligence untuk laporan penjualan perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Make data-driven decisions
    Karena data telah dikumpulkan, disimpan, dianalisis, dan ditampilkan di dasbor yang komprehensif, bisnis dapat membuat keputusan strategis berdasarkan informasi faktual. Dengan bantuan BI, pengumpulan dan analisis data penjualan menjadi mudah. Berdasarkan data penjualan historis yang dicatat, BI memungkinkan bisnis membuat keputusan berdasarkan data lebih cepat.

  • Modern business intelligence 
    Dalam BI tradisional, perusahaan TI menyimpan semua data dan hanya memberikan laporan kepada bisnis yang membuang waktu bagi pengguna karena mereka harus terus menanyakan informasi dan pertanyaan lebih lanjut kepada perusahaan TI. Oleh karena itu, dalam BI modern, ini lebih interaktif sehingga berbagai pengguna dapat memvisualisasikan data, menyesuaikan dasbor mereka, dan menjawab pertanyaan mereka sendiri hanya dengan berinteraksi dengan data di dasboard mereka. Secara keseluruhan, ini membantu pengguna membuat laporan lebih cepat dan lebih efisien daripada sebelumnya.

  • Sales KPI
    Untuk mengoptimalkan kinerja penjualan suatu bisnis, diperlukan Key Performance Indicator (KPI) penjualan untuk memberikan gambaran tentang kinerja suatu kegiatan penjualan. Bisnis biasanya menggunakan dasbor penjualan yang memusatkan KPI penjualan. Beberapa KPI penjualan yang penting termasuk pertumbuhan penjualan, target penjualan, volume penjualan berdasarkan lokasi, dan banyak lagi. Dengan metrik yang digunakan untuk melaca

Odoo and IZI Business Intelligence Module

Sistem ERP Odoo default memberikan bisnis tampilan sederhana dari laporan penjualan mereka dalam bentuk tabel pivot dan berbagai representasi grafis dari data termasuk diagram lingkaran, grafik batang, dan analisis grafik garis. Opsi untuk filter dan pengelompokan tersedia untuk tampilan data yang lebih detail.

Untuk dasbor pelaporan penjualan yang lebih detail dan canggih, IZI mengembangkan modul yang disesuaikan dari dan terintegrasi ke Odoo. Modul ini mengimplementasikan Business Intelligence untuk membuat dashboard laporan penjualan yang lebih inklusif. Modul ini mencakup berbagai fitur yang memberikan laporan yang lebih komprehensif tentang kinerja bisnis perusahaan termasuk tetapi tidak terbatas pada:


  • Minimum, Median and Maximum Sales

  • Sales Area 

  • Sales Growth for the Month

  • Top Export Sales

  • Sales Moving Average Analysis

  • Sales Average Analysis

  • Sales Trend Analysis

  • Analysis Sales vs Target

  • Top 10 Channels

  • Top 10 Accounts

  • Top Product Performance 

Perusahaan akan diberikan konsultasi dengan tim IZI dan diberikan solusi dan strategi terbaik untuk kebutuhan bisnis perusahaan. Dari fitur-fitur modul yang tercantum di atas, perusahaan akan dapat menerima laporan data penjualan yang lebih mudah dipahami berdasarkan data dari aktivitas perusahaan yang dikumpulkan, disimpan, dan dianalisis. Menyesuaikan KPI penjualan mana yang ingin diterapkan perusahaan juga dapat dilakukan melalui IZI.

Conclusion/Bottom Line

Kesimpulannya, dengan bantuan kecerdasan bisnis modern Odoo dan IZI untuk melaporkan kinerja penjualan, bisnis diberi kesempatan untuk melihat KPI penjualan komprehensif mereka di dasbor interaktif dan oleh karena itu membuat keputusan berdasarkan data yang lebih baik.

Sales Reporting
Fajar Dwi Prasetyo 27 Juni, 2022
Share this post
Arsip
Masuk to leave a comment
Invoicing & Automatic Reconciliation