Perlukan Fulfillment Center!
Bagaimana Dengan Perkembangan Fulfillment Center di Indonesia?

Menjalankan bisnis bukan perkara yang mudah. Dalam mengumpulkan pelanggan, mengatur stok barang, hingga mengelola pengiriman pesanan dalam satu waktu. Anda perlu berusaha keras untuk mencari strategi bisnis yang tepat. Perusahaan yang besar tentunya memiliki banyak produk yang perlu disimpan di dalam gudang yang besar. Apabila hal ini disediakan sendiri oleh perusahaan Anda, maka Anda harus membuat gudang yang besar agar bisa menampung produk-produk yang ada. Dengan begitu Anda akan menambah biaya lagi yang harus dikeluarkan untuk membuat gudang tambahan. Dengan kondisi ini, masalah gudang tambahan dapat diatasi dengan menggunakan fulfillment center. Dengan begitu seluruh produk perusahaan akan disimpan di dalam warehouse yang telah disediakan oleh pihak fulfillment center.

Fulfillment Center adalah gudang bersama yang membantu para pengusaha bisnis dalam menyimpan semua stok barang untuk memenuhi pesanan pelanggan. Dengan adanya  jasa ini menjadi salah satu alternatif pebisnis yang masih kurangnya sumber daya, terutama bagi pebisnis online kesulitan dalam menyimpan barang dengan jumlah yang besar. Tentu dengan adanya jasa fulfillment center Anda  bisa lebih memanjakan para pelanggan.


Fulfillment center ini merupakan jasa penyedia layanan warehousing atau penyimpanan barang hingga pengemasan barang dan melakukan pengiriman barang. Jasa ini lebih umum digunakan oleh pebisnis online, namun terdapat juga bisnis offline  yang menggunakan jasa ini. Dengan alasan lebih fokus pada penjualan. Adapun manfaat dari fulfillment center sebagai berikut:


Manajemen stok untuk Memudahkan Menyimpan  Barang

Mempunyai stok barang yang banyak bukanlah hal yang mudah untuk mengaturnya, apalagi bisnis Anda mempunyai banyak sekali varian yang ada, Dalam hal ini Anda harus memiliki tempat penyimpanan yang baik agar bisnis Anda tetap berjalan lancar. Menyimpan barang dengan sistem terbaik merupakan salah satu strategi bisnis yang tepat. Dengan begitu Anda tidak perlu repot lagi dalam mengurus jumlah barang yang ada di gudang  secara manual karena dengan adanya sistem ini dapat memudahkan Anda dalam mengatur jumlah barang yang banyak berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Fulfillment akan membantu Anda dan mencatat barang yang masuk dan keluar dengan lebih akurat dan jelas. Hal ini akan sangat membantu memudahkan Anda untuk mengetahui barang mana lagi yang harus di restock dan kapan harus mulai diproduksi kembali. Jadi, Anda tidak akan salah lagi dalam menentukan prioritas produksi barang.


Memudahkan Pengemasan dan Pengiriman Barang

Dengan banyaknya orderan yang masuk, tentunya akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga dalam mengurus orderan. Jika bisnis Anda merasa masih kekurangan karyawan Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan jasa fulfilment center karena jasa ini akan mengurus segala urusan bisnis Anda mulai dari menyimpan barang, picking and packing, serta melakukan pengiriman barang hingga ke tangan konsumen.


Jadi, Anda tidak perlu lagi untuk memikirkan gudang tambahan, karena membuat gudang tambahan akan memakan waktu dan biaya lebih jika Anda terus memaksakan untuk mempunyainya, dengan begitu fulfillment menjadikan bisnis Anda jauh lebih efisien dibandingkan jika membuat gudang dan melakukan pengemasan/pengiriman secara sendiri.


Pelayanan yang Lebih Cepat dan Aman

Fulfillment center akan membantu Anda untuk melalui semua proses dengan lebih baik. Manajemen yang baik akan menghindarkan Anda dari kasus pembeli memesan barang tapi ternyata stok habis atau keterlambatan pada pengiriman barang. Kecepatan pengiriman melalui fulfillment cenderung lebih cepat. Pelayanan yang lebih baik ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, sehingga Anda bisa mendapatkan pelanggan loyal dengan lebih mudah.


Fulfillment Center Akan Menjadi Tren Ekonomi Digital

Dengan berbagai layanan yang sangat memudahkan para pebisnis, maka kemungkinan hadirnya fulfillment menjadi tren untuk ekonomi digital sangat terbuka lebar. Penggunaan sistem yang terintegrasi juga sangat membantu para pelaku UMKM yang berada di daerah kecil. Dengan begitu, produknya bisa dipasarkan lebih luas lagi dan menjangkau area yang sangat luas.


Layanan ini akan memiliki peluang yang sangat bagus untuk memajukan sektor usaha menengah dan usaha mikro. Ekonomi digital juga tentu akan terus berkembang, bahkan nilai transaksi ekonomi digital Indonesia diprediksikan pada tahun 2025 akan mencapai US$ 124 miliar atau sekitar 1.780 "kata Airlangga dalam acara US-Indonesia Investment Summit 2021 secara virtual, Senin (13/12)”. Kondisi ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan minat masyarakat Indonesia yang mulai menggunakan ekonomi digital. Oleh karena itu, pengembangan UMKM harus didukung dengan manajemen stok yang baik. Dengan begitu, produk UMKM bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan terus berkembang pesat.


Kesimpulannya, Fulfillment merupakan salah satu jasa yang bisa Anda manfaatkan agar bisnis bisa berkembang cepat dengan menjangkau pelanggan yang luas. Pastinya lebih aman, profesional dan lebih hemat waktu, biaya, serta tempat.. Eits, jangan sampai Anda melewatkan manfaat dari fulfillment center ini ya, Good luck!



Perlukan Fulfillment Center!
Fajar Dwi Prasetyo 27 Juni, 2022
Share this post
Arsip
Masuk to leave a comment
Sales Reporting