Kenapa Menggunakan Sistem ERP Terintegrasi di Marketplace sangat powerful dan penting

Apa itu Online Marketplace?

Online marketplaces adalah website atau apps yang menyediakan aplikasi seller untuk menjual dan promosi produk dan service kepada banyak audience secara online. Itu mengizinkan customer untuk melakukan transaksi online dengan toko yang disukai dilakukan dirumah atau dimana saja. sejumlah bisnis menyadari potensi yang dimiliki pasar ini dan mulai menjual produk mereka secara online.


Di era digital ini, pelaku bisnis yang tidak memanfaatkan online marketplace tertinggal dari kompetitornya yang selama ini menggunakan platform belanja online seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada. Selain itu, situs media sosial seperti Tik-Tok, Instagram, dan Facebook mulai mengubah penggunanya menjadi calon pelanggan dengan berinovasi pada platformnya agar para pelaku bisnis dan penjual dapat menjual produk dan jasanya di toko online mereka. Oleh karena itu, kekuatan yang dimiliki pasar online adalah signifikan dan bisnis yang menggunakannya dengan benar akan terus berkembang.


Namun, dengan kekuatan besar datang tanggung jawab besar. Semakin banyak pelanggan membeli produk secara online, semakin sulit bagi penjual untuk melacak pesanan ini. Jika pasar dikelola secara manual, ada kemungkinan kesalahan yang lebih tinggi. Ini bisa jadi manajemen stok yang salah atau rekonsiliasi bank yang tidak valid karena banyaknya transaksi yang terjadi setiap jam. Pemilik bisnis perlu menghindari kekacauan data yang tidak terorganisir dan mulai mengelola inventaris, laporan akuntansi, penjualan, dan pembelian mereka secara otomatis dengan menggunakan sistem terintegrasi seperti sistem ERP

Penggunaan Odoo sebagai ERP System Integrasi pada Marketplace





Salah satu sistem ERP yang mencakup semua bidang proses bisnis adalah Odoo. Dengan bantuan IZI, beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli telah terintegrasi dengan Odoo sehingga mengelola semua proses bisnis secara online menjadi lebih mudah. Odoo menyediakan beberapa fitur yang membantu mengelola pasar online Anda termasuk poin-poin yang ditunjukkan dalam daftar di bawah ini:

1. Product Integration and Synchronization

Ada kemungkinan pelaku bisnis yang sudah mengelola produknya di pasar online hanya akan berpikir dua kali untuk menggunakan sistem ERP karena berisiko mengganggu proses penjualan saat mentransfer semua datanya ke sistem ERP. Tapi jangan khawatir! Dengan menggunakan fitur seperti Dapatkan Ketergantungan, Dapatkan Produk, dan Petakan Produk di Odoo, semua SKU produk Anda, varian, dan semua informasi lainnya akan ditarik ke Odoo. Hal ini memungkinkan komunikasi yang lancar antara semua departemen dalam bisnis Anda karena mereka dapat melihat data produk secara instan menggunakan sistem yang sama.



2. Product Integration from Odoo to the Marketplace

Karena Odoo terintegrasi dengan pasar, Anda juga dapat menambahkan produk ke pasar di Odoo hanya dengan menentukan bahwa produk tersebut dapat diakses oleh pasar. Tidak hanya itu, jika suatu produk perlu diupdate, Anda bisa mengupdate produk tersebut di Odoo dan mengunggahnya ke marketplace agar produk yang ada di marketplace juga ikut terupdate. Ini mempercepat proses bagi karyawan yang mengelola semua produk. will be updated as well. This speeds up the process for employees who manage all products. 


3. Stock Integration

Odoo juga menyederhanakan pengelolaan stok di gudang. Berkat Odoo, kuantitas setiap produk dapat dilihat di antara setiap departemen seperti departemen penjualan, pembelian, gudang, dan akuntansi untuk memastikan komunikasi yang lancar dan peningkatan efisiensi. Selain itu, jika suatu produk dijual di beberapa pasar dan pelanggan membeli produk itu dari salah satu pasar, stok yang terlihat di semua pasar lain akan berkurang secara otomatis.


4. Automatic Sales Order 

Saat pelanggan membeli produk dari pasar online, pesanan penjualan akan otomatis terdaftar di Odoo. Selain itu, dengan sistem ERP, Penjualan terintegrasi dengan Akuntansi, oleh karena itu faktur akan dibuat secara otomatis saat dikonfirmasi. Tanpa sistem ERP, proses ini dilakukan secara manual dengan menggunakan berbagai software. Namun hanya dengan satu software yang berbagi informasi yang sama, tim Anda akan lebih mudah dalam mengelola proses penjualan mereka. Dengan ribuan pesanan dari marketplace, Odoo akan secara otomatis menerima dan mengkonfirmasi pesanan. Kuantitas yang diperkirakan juga akan diperbarui secara otomatis.


5. Warehouse Fulfillment

Mirip dengan pesanan penjualan otomatis, jika pelanggan melakukan pemesanan dari pasar, tim gudang akan menerima informasi tentang pesanan penjualan tanpa harus menunggu tim penjualan menghubungi mereka. Karena itu, tim gudang dapat segera mulai mengambil, mengemas, dan mengirimkan produk yang perlu dikirim ke pelanggan dari gudang. Seluruh proses ini meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas tim sehingga memberikan kepada pelanggan secara konsisten dan mencapai kepuasan pelanggan yang luar biasa.

6. Promotion Programs

Salah satu cara bagi bisnis untuk mencari pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan yang sudah ada adalah dengan menggunakan promosi. Memberikan keuntungan untuk membeli suatu produk tentunya akan menarik perhatian semua khalayak. Selain itu dengan adanya promosi, produk-produk yang perlu segera dikeluarkan dari gudang akan lebih berpeluang terjual, sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan. Di Odoo, fitur yang disebut program promosi tersedia yang mengatur aturan promosi. Odoo akan memberikan pilihan untuk produk gratis, pengiriman gratis, atau bahkan diskon. Selain itu, ada opsi untuk memilih produk atau kategori produk yang diterapkan promosi. Dengan ini, harga atau keuntungan baru dalam membeli produk dalam promosi akan terlihat oleh pelanggan di pasar.


7. Automatic Reconciliation

Ketika telah terjadi transaksi antara perusahaan Anda dengan pihak lain, maka perlu dilakukan rekonsiliasi. Biasanya perusahaan tanpa sistem ERP dan yang menggunakan banyak perangkat lunak harus merekonsiliasi setiap transaksi secara manual. Namun, karyawan yang harus berurusan dengan ribuan pesanan dan transaksi dari pasar dapat dengan mudah melakukan kesalahan manusia ketika merekonsiliasi setiap transaksi. Oleh karena itu, dengan menggunakan Odoo sebagai sistem ERP yang terintegrasi ke pasar oleh IZI, semua transaksi dari pasar akan secara otomatis direkonsiliasi yang meningkatkan akurasi proses rekonsiliasi. Akuntan tidak perlu membuang waktu mereka untuk mengoperasikan beberapa spreadsheet, referensi silang, atau rekonsiliasi secara manual lagi. Sebaliknya, mereka akan fokus pada tugas yang lebih penting seperti menyajikan laporan akuntansi yang membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih cepat dan lebih akurat.

Benefits of an ERP System for Marketplace Sellers
Mengintegrasikan toko online Anda dengan sistem ERP Odoo memberikan manfaat besar bagi bisnis Anda:



1. Real-Time Data - Dengan banyaknya pesanan yang dilakukan di pasar online, tidak heran banyak penjual menghadapi kesulitan dalam mengelola pesanan mereka tepat waktu. Namun, dengan sistem manajemen seperti Odoo, semua data pesanan penjualan dari pasar online akan terintegrasi ke sistem Odoo secara real-time. Proses otomatisasi penting ini akan membantu tim penjualan Anda menangani limpahan data dari pasar. Tim penjualan Anda akan menghemat waktu dengan menghindari pekerjaan manual yang melelahkan untuk melacak ribuan pesanan yang masuk.


2. Insights/Analysis - Sistem ERP adalah alat yang ampuh jika digunakan dengan benar. Karena data dari pasar telah terintegrasi dengan Odoo oleh IZI, memungkinkan perusahaan untuk mengakses wawasan penting tentang perilaku pelanggan, siklus penjualan produk, keuangan perusahaan, dan banyak lagi.


3. Reduce Error - Saat ini, ada peningkatan jumlah bisnis yang menggunakan lebih dari satu saluran pasar. Tanpa sistem ERP seperti Odoo yang membantu mengelola semua data Anda dari pasar ini, perusahaan harus bergantung pada banyak sistem untuk menangani data mereka, sehingga tidak praktis untuk berbagi data antar departemen. Untuk itu, dengan menggunakan sistem ERP yang terintegrasi dengan marketplace tentunya dapat mengelola semua data Anda dengan lebih akurat sekaligus meningkatkan penjualan Anda dari marketplace.

Conclusion/Bottom Line




    IZI telah mengintegrasikan beberapa pasar online dengan Odoo. Hal ini menjadikan Odoo alat yang lebih canggih untuk digunakan bagi bisnis yang mencari pertumbuhan dan mempertahankan keunggulan dibandingkan pasar yang kompetitif. Tidak perlu lagi menggunakan banyak software untuk mengelola data Anda, cukup gunakan satu sistem untuk mengelola seluruh proses bisnis Anda. Odoo memberikan kesempatan ini kepada penjual yang ingin menjual produk mereka di berbagai pasar. Dengan menggunakan data real-time dari pasar dan mengotomatisasi beberapa proses bisnis penting seperti rekonsiliasi, pesanan penjualan, manajemen inventaris, dan banyak lagi, karyawan perusahaan tidak perlu lagi membuang waktu untuk mengelola ribuan data secara manual. Sebaliknya, lebih banyak waktu dapat dihabiskan untuk membuat laporan penting yang dibutuhkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih akurat dan lebih cepat, sehingga membangun kesuksesan di pasar.





Kenapa Menggunakan Sistem ERP Terintegrasi di Marketplace sangat powerful dan penting
Fajar Dwi Prasetyo 21 Juni, 2022
Share this post
Arsip
Masuk to leave a comment
Replenishment & Stock Count
Solusi Atasi Kondisi Persediaan Stok Kosong