Tips Memulai Bisnis Online
Kenapa sih harus menjadi bisnis online?

“Terapkan cara memulai bisnis online yang tepat agar usaha Anda cepat sukses.”


Seberapa sering terlintas di pikiran Anda untuk meninggalkan rutinitas pekerjaan saat ini dan mulai mencoba bisnis online? Atau mencoba usaha bisnis online kecil-kecilan sebagai pekerjaan sampingan

Sebetulnya terdapat banyak cara untuk mencapai kebebasan finansial, salah satunya adalah dengan membuka bisnis online shop dari rumah, ada beberapa cara memulai bisnis online yang wajib dipahami terlebih dahulu agar usaha Anda bisa berjalan secara lancar dan optimal.

Menjalani bisnis online sebenarnya susah-susah gampang, karena banyak pesaing yang juga merintis usaha serupa. Namun jangan berkecil hati, agar dapat bersaing dengan yang lain, Anda tidak begitu memerlukan modal yang besar bagi Anda yang baru memulai. Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada baiknya kita coba definisikan dulu apa itu bisnis online.

Bisnis online adalah suatu usaha yang dipasarkan melalui media internet dengan berbagai macam cara agar menghasilkan pendapatan. Aktivitas bisnis juga dilakukan secara online mulai dari pelayanan kepada konsumen, promosi, dan sebagainya dilakukan secara online. Jika kita sudah punya bisnis yang dijalankan secara offline, seperti toko baju, toko makanan, toko mainan, atau apapun, kemudian kita buka juga di internet, itu bisa menjadi bisnis online juga loh. Dengan begitu jangkauan dari  bisnis Anda akan sangat luas.

Jadi, nggak herankan kalau banyak orang berbondong-bondong memulai bisnis online, yakan?

Ada 8 Tips untuk Anda yang ingin mencari tahu bagaimana formula utama dalam memulai bisnis online ini, Check it out!

#1. Mencari Tahu Apa Yang Dibutuhkan Pasar


Cara memulai bisnis online yang pertama adalah dengan mengetahui apa yang dibutuhkan pasar saat ini. Produk yang akan kita jual harus dapat menjadi solusi atau jawaban atas permasalahan yang terjadi pada pasar yang ingin kita masuki. Dengan begitu, terdapat kemungkinan produk akan memiliki daya jual oleh konsumen. Diterima atau tidaknya produk di pasar juga bergantung pada keunikan produk yang dimiliki, dibandingkan dengan produk lain.

Case Study

“Lakukan interview kepada orang-orang disekitar daerah ditempat tinggal Anda maupun di social media, setelah melakukan interview hal mengejutkan pun terjadi, ternyata 80%  orang mencari Baju merk X yang sulit dicari di toko mana pun, dan ini merupakan peluang Anda untuk memasuki pasar”.


#2. Lakukan Riset Pasar


Setelah mencoba mencari tahu akan kebutuhan pasar, lakukan riset pasar dengan mencari tahun produk seperti apa yang sedang tren di masyarakat melalui media sosial. Contoh produk/jasa yang bisa Anda coba untuk Bisnis Online

  • Contoh barang fisik, sabun mandi, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan ATK.

  • Contoh produk digital, bisa berupa pulsa, ebook, kursus online, software.

  • Contoh layanan jasa, bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, jasa pembayaran tiket pesawat dan kereta api, dan jasa-jasa yang lain.

Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan Google Trends untuk melihat statistik data dari produk yang lagi ngetren. Sebab biasanya data statistik di Google Trends menunjukkan seberapa sering sih pengguna mencari kata kunci tersebut di mesin pencarian Google.

#3. Ketahuilah Siapa Kompetitor Bisnis


Cara memulai bisnis online selanjutnya adalah dengan melakukan analisa kompetitor. Pentingnya analisa kompetitor ini adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kompetitor. Dari hasil analisis tersebut dapat digunakan untuk memperkaya produk yang akan dijual.

Cara analisa kompetitor yang paling mudah adalah dengan melihat produk yang mereka jual di media sosial ataupun platform E-commerce. Melalui media tersebut dapat terlihat review dari beberapa customer yang telah menggunakan produk mereka. 

Case Study

“Toko smartphone merek X terdapat review negatif mengenai keamanan packaging produk yang dikemas secara asal dan tidak rapi. Dengan begitu Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan membuat packaging produk lebih aman dengan memberikan bubble wrap dan mengemasnya secara rapi”

#4. Pilih Supplier Terpercaya


Hasil produk yang berkualitas berasal dari bahan baku yang berkualitas juga. Bahan baku yang berkualitas  didapatkan melalui supplier yang terbaik. Memang untuk menemukan supplier yang berkualitas baik dan cocok membutuhkan usaha yang lebih. Anda dapat memilih 3 hingga 5 supplier sebagai pembanding serta dapat mempertimbangkan dari segi harga, kualitas, dan ketersediaan bahan baku. Semua komponen tersebut dapat menjadi penilaian dalam memilih supplier terbaik untuk bisnis online yang Anda tekuni.

#5. Bentuk Identitas Brand


Logo adalah identitas yang melekat pada produk. Logo sendiri di mata konsumen merupakan penilaian atas produk dan kualitas dari bisnis Anda. Sehingga, buatlah logo yang dapat benar menunjukan bahwa itu adalah bisnis online yang Anda miliki. Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat logo sendiri, saat ini banyak jasa pembuatan logo produk loh dengan harga yang tidak menguras kantong. Selain membuat logo, buatlah slogan atau tagline untuk produk. Buatlah slogan dengan kalimat yang tidak terlalu panjang agar mudah diingat oleh customer dalam menarik minat mereka.

#6. Membuat Website dan Media Sosial


Keberadaan aset digital seperti social media dan website saat ini memang sangat dibutuhkan. Website atau social media adalah sarana penting untuk customer dapat mengetahui produk dan keunggulan produk Anda. Melalui website maupun sosial media, Anda juga dapat mengetahui karakteristik dan perilaku customer yang nantinya dapat digunakan sebagai strategi marketing yang dimiliki. Langkah pertama yang dapat coba deh membuat platform social media terlebih dahulu seperti Instagram, Facebook maupun Tiktok. Disana dapat mempelajari strategi Social Media Marketing yang dilakukan.

“Seperti apa?”

Nggak usah pusing lagi deh, saat ini juga banyak jasa pembuatan social media management dan website yang dapat ditemukan dengan harga jasa yang menarik di kantong loh. Selain itu, dengan  membuat akun bisnis online di platform e-commerce juga merupakan langkah yang dapat dicoba nih sobat.


#7. Buat Marketing Semenarik Mungkin


Setelah membuat akun media sosial dan website, Anda dapat memberikan promosi menarik dan menawarkannya melalui aset digital nih. Seperti contoh, Anda dapat memberikan promosi diskon 50% bagi 100 customer pertama yang mengikuti akun media sosial Anda. Alternatif lain, media sosial seperti Facebook dan Instagram menawarkan fitur iklan berbayar yang dapat digunakan untuk mempromosikan akun Anda ataupun penawaran menarik produk agar dapat mendapatkan eksposur yang lebih besar dari customer. Beriklan pada platform tersebut umumnya dapat berjalan dengan budget mulai dari Rp 20.000 per harinya. Gimana? Murah bukan dengan mengeluarkan Rp. 20.000 untuk per harinya, Anda dapat mempromosikan sesuai dengan kriteria calon pelanggan Anda.

Jika memilih menggunakan website sebagai sarana promosi, Anda juga dapat menggunakan iklan berbayar yang disediakan oleh Google yaitu Google Ads. Seperti beriklan di platform sosial media, Anda juga dapat menyesuaikan budget iklan mulai dari Rp 50.000. Jika ingin mengoptimalkan promosi tanpa melalui iklan berbayar, dapat menggunakan metode optimasi SEO (Search Engine Optimization). Semuanya tergantung pada kebutuhan bisnis online ya.

#8. Selalu Konsisten Dalam Bisnis


Proses dalam berbisnis pastinya tidak selalu berbuah manis. Ada kalanya promosi yang kita berikan kurang memberikan hasil yang diharapkan. Atau, biaya yang dikeluarkan lebih besar dibandingkan dengan pendapatan setiap bulannya. Cara memulai bisnis online yang terakhir yaitu dengan konsisten dalam berusaha dan pantang menyerah dalam setiap prosesnya. Lakukanlah evaluasi secara rutin untuk mengetahui kesalahan dari kegiatan bisnis yang telah dilakukan. Ada baiknya Anda dapat berkonsultasi dengan rekan bisnis yang lebih berpengalaman dibandingkan dengan Anda. Jadi jangan berkecil hati dan patah semangat di tengah perjalanan menuju kesuksesan!

“Jadi, apakah Anda sudah siap memulai bisnis online?”




Tips Memulai Bisnis Online
Fajar Dwi Prasetyo 25 March, 2022
Share this post
Archive
Sign in to leave a comment
Digitalisasi Retail
Seberapa penting sih menjadi Digital?