Pentingnya Akuntansi Online
Apa manfaat jika menggunakan Software Akuntansi Online?

Sekarang, dunia bisnis sudah tidak seperti zaman dahulu lagi. Perlahan namun pasti, bisnis konvensional akan bergerak menuju ke era digital. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya berbagai jenis sistem akuntansi perusahaan bisnis online yang memiliki banyak  manfaat untuk mendukung kegiatan bisnis yang Anda miliki.


Sistem Akuntansi Online atau yang dikenal dengan sebutan aplikasi keuangan, merupakan perangkat lunak yang sengaja dibuat untuk menggantikan pekerjaan manusia dalam hal mengelola keuangan. Cukup didalam satu aplikasi, Anda bisa mengelola pembukuan, utang piutang, buku besar, pembagian gaji karyawan, dan sejumlah pekerjaan lainnya dengan cepat dan mudah.

Apakah anda merupakan salah satu pebisnis yang mulai merintis usaha kecil-kecilan tanpa menggunakan bantuan pihak lain? Memang, saat ini sudah banyak usaha kecil dan menengah yang sudah sangat menjanjikan. Kemudian, tahukah Anda bahwa akuntansi dalam sebuah bisnis sangatlah penting tetapi sayangnya masih banyak pebisnis yang belum mengerti bagaimana cara melakukan pembukuan keuangan yang benar.

Tetapi tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini sudah ada banyak layanan akuntansi online yang bisa memudahkan bisnis Anda. Ingin tahu bagaimana software akuntansi online dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih mudah? Simak pembahasan berikut ini!

  • Sebagai Alat Pengendalian Keuangan Bisnis Anda

Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan jual beli membutuhkan sebuah pengendali dan pengontrol keuangan karena akan menentukan keberhasilan bisnis itu sendiri. Akuntansi di sini akan membantu anda mengetahui bagaimana flow keuangan bisnis, apakah mengalami keuntungan atau kerugian, sehingga anda sebagai pemilik bisnis mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya agar bisnis bisa bertahan.

  • Memperoleh Investor dan Memantau Pertumbuhan Bisnis

Pada saat bisnis mulai besar, ada kemungkinan anda membutuhkan investor untuk memasukkan uangnya ke bisnis anda. Dengan adanya laporan akuntansi yang baik, maka akan memudahkan anda mendapatkan investor karena mereka akan melihat flow keuangan bisnis apakah baik atau tidak. Pertumbuhan suatu bisnis akan bisa dilihat melalui keuntungan yang didapatkan, maka disinilah akuntansi berperan. Dengan laporan akuntansi anda bisa melihat perkembangan bisnis anda apakah semakin menguntungkan atau malah merugi.

  • Dapat Diakses Kapan Saja

Dengan menggunakan software akuntansi online, anda bisa mengakses laporan keuangan dimana saja dan kapan saja. Data dari software ini akan dimasukkan ke dalam email atau cloud anda sehingga bisa diakses kapanpun serta dimanapun melalui smartphone anda.

  • Menghemat Biaya

Jika menggunakan akuntan yang langsung, anda perlu menyediakan fasilitas kerja seperti komputer, printer atau internet. Nah, disini anda akan mengeluarkan biaya lebih banyak jika dibandingkan menggunakan software online untuk melakukan pembekuan akuntansi.

  • Pemantauan Keuangan Secara Berkelanjutan

Jika menggunakan sistem akuntansi manual, biasanya pembekuan akan dilakukan pada akhir tahun untuk keperluan pembayaran pajak. Namun, jika anda menggunakan yang online, dimana basisnya menggunakan komputerisasi, anda bisa mengelola catatan keuangan secara berkala sesuai dengan kebutuhan, bisa mingguan, bulanan, atau tahunan.

  • Memiliki Fitur Pengingat Jatuh Tempo

Salah satu keunggulan menggunakan software akuntansi online adalah bisa mencatat tidak hanya keuntungan atau pemasukan, tetapi juga hutang piutang. Disini anda bisa mengatur waktu pengingat kapan harus membayarkan hutang bisnis anda.

  • Meminimalkan Terjadinya Kesalahan

Jika menghitung secara manual tanpa ada patokan sistem, maka akan memperbesar kemungkinan terjadinya kesalahan atau hasilnya tidak balance. Dengan menggunakan sistem yang online dimana perhitungan sudah dibuat sedemikian rupa dengan rumus yang pasti, maka akan meminimalkan kesalahan yang akan terjadi.

  • Memantau Inventaris Bisnis

Menurut tren software akuntansi akhir-akhir ini, banyak software yang menghadirkan fitur seperti pengelolaan inventaris produk dan memberikan rincian terkini jumlah stok yang tersedia. Bahkan mengotomatisasikan inventaris ketika sebuah pesanan produk sedang diproses. Perkiraan kemungkinan kehabisan stok juga dapat diberitahu sehingga tidak ada lagi cerita tiba-tiba kehabisan produk tertentu.

  • Terfokus Pada Satu Data Terpusat

Software akuntansi memberi manfaat bagi penggunanya untuk memusatkan proses bisnis utama serta tugas-tugas manajemen seperti laporan keuangan, proses purchasing, hingga manajemen persediaan barang. Pengguna dapat memanfaatkan satu software untuk semua tugas, alih-alih berinvestasi pada channel atau software terpisah.

  • Meningkatkan Keamanan Data Keuangan Bisnis

Data keuangan tentu menjadi informasi rahasia sebuah bisnis dan harus sangat dilindungi sehingga tidak jatuh ke tangan yang salah. Dengan software akuntansi, data keuangan perusahaan lebih terjamin karena disimpan dalam cloud dan hanya orang yang telah ditentukan yang dapat mengakses data tersebut.

Demikian manfaat software akuntansi yang memudahkan pemilik bisnis untuk mengelola proses keuangan, menyelesaikan tugas keuangan dengan benar dan cepat. Tidak ada salahnya untuk mencoba software akuntansi, biarkan waktu berharga fokus pada hal strategis lainnya sehingga bisnis lebih optimal.

Akuntansi memang sangatlah penting bagi kesuksesan sebuah bisnis karena berkaitan dengan menciptakan sistem keuangan bisnis yang sehat. Apabila anda sebagai pemilik bisnis tidak memiliki pengetahuan mengenai bagaimana membuat pembukuan keuangan, anda bisa memanfaatkan software akuntansi online. Jangan sampai anda mengabaikan pembekuan keuangan bisnis ya, karena bisa berdampak buruk kepada bisnis anda. Selamat mencoba!

Pentingnya Akuntansi Online
Fajar Dwi Prasetyo 21 April, 2022
Share this post
Archive
Sign in to leave a comment
Bagaimana cara Fulfillment Center Bekerja
Apa saja proses Fulfillment Center yang dapat memudahkan Bisnis Online?