Advanced Program & Promotion Program

ADVANCED PROGRAM & PROMOTION PROGRAMS

Promosi adalah strategi yang digunakan bisnis untuk membuat pelanggan mereka ingin berbelanja di toko mereka. Dengan promosi, produk yang perlu dikeluarkan dari gudang lebih mungkin untuk dijual karena harga yang cukup bagus yang ditawarkan bisnis kepada pelanggan. Dengan terlebih dahulu mengidentifikasi target pasar, bisnis kemudian mempromosikan produk mereka menggunakan berbagai cara yang berbeda seperti iklan, diskon, atau produk bundel. Oleh karena itu, promosi sangat penting untuk mendapatkan eksposur terhadap produk perusahaan, sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan.


Promotion Programs Features in Odoo

Program promosi dapat diterapkan pada penjualan Odoo, E-Commerce, Point of Sales dan juga pada marketplace IZI di Odoo. Program promosi Odoo memungkinkan pengguna penjualan untuk menentukan jenis promosi yang ingin mereka buat apakah itu diskon, hadiah dengan pembelian, atau pengiriman gratis. Diskon dapat diatur untuk diterapkan pada pesanan, produk termurah, atau produk tertentu di Odoo. Opsi untuk kode promosi juga tersedia. Promosi ini digunakan untuk membuat hadiah terbatas agar pelanggan lebih tertarik untuk membeli produk. Ini juga membantu untuk membersihkan barang-barang yang akan kedaluwarsa atau di luar musim dari gudang.

Di Odoo, program promosi dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi Point of Sale selain aplikasi penjualan. Pengguna akan dapat memasukkan promosi langsung dari layar POS dan akan memiliki layar peringatan jika kupon digunakan sebelum atau kedaluwarsa.

Selain itu, promosi dapat diatur dan digunakan di beberapa pasar online dengan menggunakan modul IZI Marketplace. Untuk melakukan ini, akun marketplace itu sendiri perlu ditambahkan ke formulir program promosi sehingga aturan promosi akan diterapkan ke marketplace tersebut. Dari formulir program promosi, daftar akun marketplace yang sudah menjalankan promosi akan ditampilkan.


Advanced Program Features in Odoo

Odoo memiliki beberapa program untuk mengelola harga, diskon, dan hadiah. Pertama-tama, perusahaan dapat menyesuaikan harga mereka dengan pelanggan mereka dengan menggunakan Priclists di Odoo. Daftar harga dapat diatur untuk memiliki jumlah minimum yang diperlukan untuk mengaktifkannya dan dapat memiliki masa berlaku. Produk dapat diatur memiliki beberapa harga sehingga pelanggan dengan daftar harga tertentu akan melihat harga produk secara berbeda dari pelanggan dengan daftar harga yang berbeda. Daftar harga dapat ditetapkan tidak hanya untuk produk, tetapi juga untuk pelanggan di negara tertentu. Untuk lebih lanjut tentang daftar harga, klik di sini.


Bundling produk dimungkinkan di Odoo dengan menggunakan Bill of Material (BOM) tipe Kit. Bundel produk adalah produk yang terdiri dari 2 atau lebih produk lain atau dapat terdiri dari 2 atau lebih produk tersebut. Bisnis menggunakan bundel produk untuk mengelompokkan produk pelengkap. Hal ini memungkinkan mereka untuk menjual lebih banyak produk sekaligus mengurangi biaya pemasaran dan distribusi.


Kupon adalah salah satu strategi promosi yang digunakan perusahaan untuk menarik pelanggan baru dan lama untuk membeli produk perusahaan. Dengan menambahkan tanggal validitas pada kupon, pelanggan akan ingin segera membeli produk tersebut, sehingga meningkatkan penjualan untuk produk tersebut. Odoo menawarkan opsi dalam kupon untuk hadiah seperti diskon dan produk gratis. Kupon bisa untuk pelanggan yang sudah ada di database atau bisa tidak khusus untuk pelanggan tertentu. Saat membuat sejumlah kupon, Odoo akan secara otomatis membuat kode unik untuk setiap kupon. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kupon di Odoo, klik di sini.


Program promosi lanjutan lainnya adalah program loyalitas. Program loyalitas mendorong pelanggan untuk terus membeli di toko bisnis karena memberikan penghargaan kepada pelanggan yang berulang kali membeli di toko itu. Dengan program loyalitas, pelanggan akan menerima poin yang dapat digunakan untuk menerima hadiah seperti produk gratis atau diskon. Hadiah dapat diatur untuk memiliki jumlah poin minimum bagi pelanggan untuk memenuhi syarat dan berapa banyak poin yang dikenakan biaya. Menyiapkan aturan dan jumlah poin yang diperoleh dimungkinkan di Odoo. Poin loyalitas ini dapat diterapkan di antarmuka Point of Sales (POS). Untuk mempelajari lebih lanjut tentang program loyalitas di Odoo, klik di sini.


Conclusion/Bottom Line

Dengan begitu banyak pesaing yang menjual produk serupa di pasar, menawarkan promosi, kupon, dan program loyalitas adalah strategi yang diandalkan oleh bisnis untuk menarik pelanggan ke toko mereka. Dengan program promosi Odoo dan program lanjutan lainnya, bisnis dapat membuat dan menerapkan berbagai promosi di titik penjualan dan pesanan penjualan mereka secara efisien. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mengatur program promosi di Odoo, klik di sini.



 


Advanced Program & Promotion Program
Fajar Dwi Prasetyo 4 July, 2022
Share this post
Archive
Sign in to leave a comment
Omnichannel